Singkong Bisa Diolah jadi Aneka Makanan Lezat Resep Makanan dari Singkong dan Tips Memilih Singkong yang Baik

Singkong Sebagai Makanan Pokok Penghasil Karbohidrat

Singkong atau ketela adalah jenis ubi yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Alasannya, karena simpel penanamannya. Cukup ditanamkan saja batangnya dengan kedalaman sekitar 10-15 cm, lalu dibiarkan saja tanpa pupuk dan perawatan sebagainya, singkong sudah bisa tumbuh sendiri. Lalu, beberapa bulan kemudian, sudah siap dipanen. Itulah yang menjadikan banyak petani menanam singkong di kebunnya. Nah umbi singkong ini ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh, lho. Meski rendah kalori, namun tinggi karbohidrat. Serta masih banyak lagi kandungan baik dari tanaman yang satu ini.

Singkong Dapat Diolah Menjadi Aneka Kue dan Makanan

Karena mudah ditemukan, juga murah harganya, singkong banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Indonesia memiliki banyak makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong. Tapi, jangan meremehkan makanan dari singkong, ya. Rasanya itu bisa bikin ketagihan, lho. 

Karena disebut sebagai makanan tradisional dan murah harganya, ada banyak anak zaman sekarang yang tidak mau makan singkong. Singkong dijadikan simbol makanan yang irit biaya dan tidak kekinian. Tapi, coba saja dulu makanan dari singkong, lalu nikmati bagaimana rasanya.
Tips Memilih Singkong yang Baik dan Enak

Warna

Jika singkong masih di batangnya, pertama lihat dulu warna dari daun singkong tersebut. Kalau warna daunnya sudah terlalu hijau atau hijau tua maka hindari makan singkong tersebut. Apalagi kalau kulit luar singkongnya berwarna putih dan kadar airnya tinggi, bisa-bisa singkong tersebut beracun. Untuk mendapatkan singkong dengan rasa yang mantap, cari singkong yang kulit luarnya berwarna cokelat dengan kulit dalam berwarna merah atau merah maroon.

Mudah Retak atau Patah

Singkong terbaik sangat mudah patah. Bila singkong yang Anda dapatkan mudah dipatahkan, bisa dikatakan bahwa singkong tersebut sangat fresh dan rasanya enak.

Kulit Mulus

Hindari memilih singkong yang kulitnya sudah terbuka. Bila terbuka, atau tidak mulus, maka bisa jadi singkong tersebut tidak berkualitas baik. Jadi, cari singkong yang kulitnya mulus dan tidak terbuka, juga lembut. Itu adalah ciri-ciri singkong berkualitas baik dan mantap rasanya.


Hindari Singkong yang Berkayu pada Pangkalnya
Hasil gambar untuk singkong
Seringkali ditemukan singkong yang berkayu di bagian pangkalnya. Singkong jenis ini bukan jenis terbaik, jadi hindari apabila tidak ingin mendapatkan singkong dengan rasa yang kurang enak. Ditambah lagi, singkong yang warnanya kebiruan. Hindari sebisa mungkin, karena kemungkinan singkong itu sudah beracun atau rasanya sudah tidak enak lagi.


Singkong Gula Merah


Resep pertama yang bisa Anda buat dari singkong adalah Singkong Saus Gula Merah. Makanan ini sangat pas untuk jadi camilan di sore hari saat santai, dan Anda pasti suka rasanya. Cara membuatnya, siapkan 1 kg singkong berkualitas baik dan 2 buah gula merah ukuran sedang. Bahan lain yang diperlukan adalah air dan garam secukupnya, juga 3 lembar daun pandan.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan, Anda hanya perlu merebus singkong dengan air, lalu tambahkan garam dan daun pandan. Teruskan merebus, sampai mendidih dan singkongnya menjadi empuk. Bila perlu, rebus sampai airnya tersisa setengah dari awal tadi. Lalu, masukkan gula merah yang sudah disisir atau dihaluskan. Aduk sampai gulanya merata. Setelah itu, singkong saus gula merah sudah siap disajikan.

Singkong Rebus Pandan Wangi

Ini cemilan yang bisa menemani sore Anda dari bahan singkong. Cara membuatnya mudah, Anda hanya perlu singkong kualitas terbaik satu buah, kemudian gula dan garam secuTerakhir, siapkan air secukupnya.
kupnya. Siapkan pewarna makanan yang alami warna hijau, serta daun pandan secukupnya. Cara membuatnya, Anda tinggal mencampurkan air, gula, garam, pewarna

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Khas Tradisional Indonesia

Sejarah Makanan di Indonesia dan Mancanegara

Bahan Makanan Pengganti Daging